Pengertian Kontraktor dan Konstruksi

Pengertian Kontraktor dan Konstruksi

Kontraktor dan konstruksi merupakan kata yang saling berkaitan, ibarat palu dan paku. Jelasnya, kedua kata ini tidak dapat dipisahkan dalam dunia pembangunan. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci mengeni kedua hal tersebut.

Pengertian Kontraktor

Kontraktor merupakan lembaga berbadan hukum yang melakukan aktifitas pengadaan. Kegiatan kontraktor bisa berupa barang atau jasa. Hal ini disesuaikan dengan nilai kontrak yang sudah disepakati antara pemilik projek dan kontraktor. Misalnya kontraktor sipil yang bertugas untuk pengadaan barang seperti bangunan sekolah, jembatan, dan jalan.

Kontraktor bisa mendapatkan projek dari hasil tender atau lelang. Pemilik projek nantinya akan memutuskan kontraktor mana yang paling layak untuk menjalankan projek nantinya. Di sisi lain, kontraktor bisa mengerjakan suatu projek karena langsung ditunjuk oleh owner.

Pengertian Konstruksi

Kontruksi merupakan satuan infrastruktur yang terdapat di beberapa lokasi tertentu. Dengan kata lain, konstuksi adalah suatu keseluruhan bangunan yang terdiri dari kumpulan struktur. Contoh konsturksi antara lain, rumah, jalan, jembatan, kapal dan lain-lain. sebagainya.

Hak dan Kewajiban Kontraktor

  1. Merancang draf pelakasaan yang akan disahkan oleh pihak konsultan pengawas proyek yang merupakan wakil dari pemilik proyek.
  2. Melaksanakan tugas sesuai tenggat waktu yang sudah owner sekaligus kontrak yang telah disepakati.
  3. Membuat laporan secara berkala pada pengawas proyek sesuai dengan kebutuhan.
  4. Membuat serah terima pekerjaan yang sudah diselesaikan sesuai dengan kontrak.
  5. Menerapkan keselamatan kerja guna menjaga keselamatan pekerjaan sekaligus masyarakat.

Sumber:
https://www.adhyaksapersada.co.id/pengertian-kontraktor-dan-konstruksi/
https://www.thidinews.com/pengertian-kontraktor-dan-konstruksi/
http://www.ilmusipil.com/pengertian-kontraktor-adalah
https://www.thidishop.com/pengertian-kontraktor-dan-konstruksi/

Baca juga:  Pengertian Konstruksi